Sop sapi iga akan menjadi makanan yang special kalo disajikan pada moment yang pas. Contohnya nih lagi ujan deres, atau malem-malem laper tapi gak mau makan nasi atau mungkin siang-siang bolong pengen makan yang berkuah dan seger. Sop iga bisa jadi menu pilihan kamu bareng keluarga moms.

Selain rasanya yang gurih karena kaldu yang dikeluarkan dari tulang iga itu sendiri, sop iga memiliki rasa yang nyegerin banget kalo ditambah perasan jeruk nipis dan sambal. wuiihh kebayang kan segernya gimna.

Ternyata moms sop iga merupakan salah satu masakan Indonesia yang populer di negara-negara tetangga lho. Misalnya ni Korea ni salah satunya, memang disana terkenal dengan sajian daging terenak. kalo orang kore menyebut sop iga itu dengan naman “Korean beef soup ribs soup”, dan termasuk salah satu makanan berat atau padat.

Namanya aja beda pasti cara penyajianya pun beda ya moms. Walaupun udah terkenal di negara-negara lain, di Indonesia sendiri ternyata gak semua orang suka dengan sop iga lho moms. Kenapa?

Alasanya karena mengandung kolesterol tinggi, tapi kalau cara penyajian nya kita variasikan dengan sayuran tentunya dapat dikatakan aman. Olahraga tentunya jadi salah satu cara untuk menetralisir tubuh kita supaya tetap terjaga kesehatanya.

Kalau begitu ayo kita cari tahu, apa aja resep dan bagaimana cara membuatnya.

Bahan-bahan Untuk Sop Iga:

  • 1/2 kg tulang iga sapi
  •  6 buah wortel, (dipotong panjang atau bulet sesuai selera aja ya moms)
  • 4 buah kentang, (kupas dan potong dadu)
  • 2 batang daun bawang segar (potong sekitar 3-4cm)

Bumbu dan rempah :

  • 8 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 10 butir lada
  • 4 cm jahe, geprek
  • 2 batang kayu manis, geprek
  • 4 biji cengkeh kering, geprek
  • 1 biji pala,
  • kaldu bubuk royco sapi
  • 1 sdm garam atau secukupnya
  • Gula Putih

Pelengkap :

  • Irisan daun seledri
  • bawang goreng untuk taburan
  • jeruk nipis

Cara Membuat Sop Iga :

  1. Tulang iga di cuci bersih, lalu masukan ke air mendidih (airnya skitar 2 liter) -+ 1 jam dengan api besar
  2. Haluskan bumbu (bawang merah, bawang putih, lada dan 1 buah pala) lalu tumis sampai benar-benar wangi (di wajan terpisah)
  3. kalau menurut moms iganya udah mateng, masukan bumbu yang tadi ditumis dan juga rempah-rempah lainya ( jahe, kayu manis, cengkeh)
  4. Kemudian masukan sayuranya, utamakan wortel dulu baru stelah itu kentang
  5. kemudian tinggal masukan garam, penyedap dan gula (bisa dicicipi supaya tahu apa yang kurang dan perlu ditambahkan)
  6. Tahap terkahir sebelum diangkat taburi dengan irisan daun bawang, lalu bisa langsung dituang ke dalam mangkuk saji dan ditaburi daun seledri serta bawang goreng. Selain itu supaya segernya makin mantap moms bisa tambahkan perasan jeruk nipis sebelum menyantapnya

Gimana moms, gampang kan buatnya. Sekali-kali kita bisa mencoba nya yah.

Untuk menikmati kebersmaan dengan keluarga, membuat sesuatu yang istimewa dan dinikmati bersama tentunya menyenangkan. Untuk menambah nikmatnya kita bisa siapkan sambal dan kerupuk .

Oiya moms sebagai orang Indonesia tentunya kurang lengkap kalo kita menyantapnya tanpa nasi. Sop iga ini akan teras lebih nikmat juga kalo disajikan dengan nasi panas apalagi kalau nasinya pulen. Untuk mengetahui cara memasak nasi pulen, moms bisa buka Ini Rahasia Memasak Nasi Pulen Meski Dengan Rice Cooker.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

 

Semangat Memasak

Neng Eka Santi

🙂