Sore ini kita bahas tentang resep dan cara membuat nasi uduk, sama kaya resep nasi kuning sebelumnya bikinnya masih menggunakan rice cooker juga ya. Pokonya kita cari cara semudah dan sesimple mungkin, supaya waktunya bisa dipake buat yang lain juga. Sehingga

gak punya lagi alasan gak sempet bikin makanan untuk keluarga di rumah.

Untuk orang betawi nasi uduk mungkin udah ga asing lagi, karena di betawai khususnya mayoritas penjual sarapan pagi disana ya nasi uduk. Selain rasanya yang gurih dan enak, dari sisi harga pun nasi uduk terbilang cukup terjangkau. Dengan tambahan lauk pauk tiga macam (biasanya oreg tempe,bihun dan sambal) hanya sekitar 5-7 ribu saja.

Nasi uduk tentu berbeda dengan nasi biasa baik dari rasa maupun cara pembuatannya. kalau nasi biasa dimasak dengan air biasa, maka nasi uduk dimasak dengan air santan kental dan beberapa rempah-rempah lainya. Inilah yang menjadi nilai tanbah kesedapan dari nasi uduk itu sendiri.

Bagi orang sunda, orang jawa, orang daerah lainya mungkin akan jarang menemukan nasi uduk, karena nasi uduk merupakan makanan khas orang betawi. Oleh karena nya mari kita bahas disini bagaimana resep dan cara membuatnya.

Bahan- bahan Nasi Uduk :

  1. 1 kg Beras  (ini bisa untuk 10 porsi)
  2. 100 ml Santan kental
  3. 2 batang Serai
  4. 4 lembar Daun salam
  5. 2 lembar daun jeruk
  6. 2 sdm minyak goreng

Bumbu Halus :

  1. 2 Siung Bawang merah
  2. 3 Siung Bawang putih
  3. Lengkuas dan jahe (sedikit aja hanya untuk tambahan rasa)
  4. Jinten sedikit aja (kalo ada)
  5. Garam disesuaikan (-+ 4 sdt)
  6. Penyedap rasa sejumput
  7. Gula putih sejumput

Cara Membuat Nasi Uduk:

  1. Beras dicuci bersih, tapi usahakan jang lebih dari 2x ganti air. Supaya nutrisinya gak kebuang
  2. Haluskan bumbu-bumbunya (item-item bumbu halus diatas)
  3. Bumbu yang dihaluskan tadi di masukkan ke dalam santan dan aduk hingga rata.
  4. Masak santan nya sampe mendidih, supaya nasi uduknya nanti gak cepet basi dan gak bau bumbu mentah
  5. Bumbu yang tadi dimasak dimasukan sambil disaring ya, supaya serabut atau rempah-rempahnya gak ikut kemasak
  6. Kemudian masukan juga daun salam, serai dan daun jeruk
  7. Masukan 2 sdm minyak goreng, aduk sampai merata (supaya tidak lengket)
  8. Setelah itu siap dimasak, tekan tombol cook dan tunggu sampai berubah ke warm
  9. Kalau tombolnya udah berubah ke warm, kita aduk dulu supaya nasinya ga ngegumpal dan memastikan matang semua
  10. Tutup kembali supaya nasi uduk lebih empuk (sekitar 5 menit), setelah itu nasi uduk bisa langsung disajikan.

Sambil menunggu nasinya benar-benar matang dengan sempurna. Kita bisa siapkan lauk pauk yang akan disajikan nya nanti. Untuk lauknya ga ada ketentuan khusus apa aja boleh. pilih makanan yang paling kita sukai dan yang pastinya cocok untuk nasi uduk.

Sekedar info saja biasanya nasi uduk disajikan dengan telor balado, semur telor, tahu atau tempe bacem, tempe oreg, ikan teri kacang, dan yang pasti ada sambal dan taburan bawang goreng. Mungkin bisa juga menambahkan kerupuk dan timun sebagai lalapanya. Kalau orang aku menu andalanya semur jengkol, ditambah sambal dan kerupukl aja udah mantep banget.

Gimana gak ribet kan, ternyata rice cooker itu banyakbanget manfaatnya kan. Tinggal kita coba aja, kalau yang suka masxak berimajinasi sendiri dengan bumbu-bumbu masakan sebenarnya bisa menghasilkan makanan-makanan enak. 🙂

Demikian cara memasak nasi uduk yang gurih dengan menggunakan rice cooker. Cara yang sederhana tapi bisa menghidangkan makanan gurih dan lezat.

Dicoba yak moms biar makanya gak nasi putih terus, ada varian rasanya sesekali.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Semangat Memasak

Neng Eka Santi

🙂