Kalo kita denger nasi kuning pasti yang terbesit adanya itu di sebuah Ulang tahun, syukuran atau selamatan. Memang biasanya nasi kuning adanya di acara-acara resmi aja. Untuk orang jawa sendiri nasi kuning pastinya memiliki keistimewaan tersendiri, karena biasanya disajikan dalam bentuk tumpeng dan untuk acara-acara tertentu.

Tapi ternyata di tempat-tempat tertentu nasi kuning merupakan makanan sehari-hari yang biasa dinikmati untuk sarapan pagi. Kita di rumahpun bisa membuatnya sendiri. Membuat hidangan enak untuk keluarga tentunya sangat menyenagkan,  apalagi kalo keluarga menyantapnya lahap. Rasa capek yang dirasa seketika hilang. 😀

Cara membuat nasi kuning sebenarnya gak jauh beda kaya kita bikin nasi putih biasa, cuma ada beberapa bumbu dan rempah-rempah yang perlu kita siapkan. Kalau mau lebih simple kita bisa membuatnya di rice cooker. Karena sekarang serba mudah dan cenderung milih yang cepet, aku infokan cara membuat nasi kuning menggunakan rice cooker.

Yang pertama perlu kita siapkan adalah :

Bahan- bahan Untuk Membuat Nasi Kuning 

  • 1 liter beras (ini bisa untuk 5-6 porsi)
  • 3-4 Lembar daun salam
  • 900 gr santan
  • 2 batang serai
  • 3 siung bawang merah
  • Kunyit dan Jahe sekitar 5 cm
  • Lengkuas sedikit saja (kurang dari 5 cm)
  • Daun pandan 2 lembar
  • Garam dan Penyedap rasa secukupnya

Cara membuat :

  1. Beras dicuci bersih dan direndem air dulu sekitar 10 menit. Gunanya supaya nasi lebih cepat matang.
  2. Haluskan bumbu-bumbunya (kunyit,jahe, lengkuas, bawang merah, dan garam)
  3. Bumbu yang dihaluskan tadi di masukkan ke dalam santan dan aduk hingga rata.
  4. Masak santan nya sampe mendidih, supaya nasi kuningnya nanti gak cepet basi dan gak bau bumbu mentah
  5. Buang rendaman air beras tadi terus berasnya dicuci lagi dengan air baru. Bumbu yang tadi dimasak dimasukan sambil disaring ya, supaya serabut atau rempah-rempahnya gak ikut kemasak
  6. Kemudian masukan juga daun salam, serai dan daun pandan
  7. Setelah itu siap dimasak, tekan tombol cook dan tunggu sampai berubah ke warm
  8. Tahap terakhir kalau nasi udah matang,kita aduk dulu supaya nasinya gak ngegumpal

Kalau sudah matang nasi kuning bisa langsung disajikan, karena enaknya dimakan dalam keadaan hangat. Supaya lebih nikmat lagi, kita bisa menambahkan menu tambahan untuk teman makanya. Biasanya dengan suiran telor, sambal, oreg tempe dan perkedel. Tapi kita menambahkan lauknya sesuka hati, ayam goreng, kentang mustofa, bihun, telor balado apapun itu bisa jadi temen makan nya.

Gimana mudahkan caranya, liburan gini bisa lah ya dicoba membuatnya. Tanpa ribert-ribet dan perlu keluar uang banyak tapi tetap bisa makan enak bersama keluarga.

Oiya dengan memasak nasi kuning selain untuk menikmat rasa sedapnya, kita juga turut serta menjaga warisan dan peninggalan nenek moyang kita lho. Karena nasi kuning merupakan salah satu makanan khas Indonesia.

Itu dia resep dan cara membuat nasi kuning, semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Semangat Memasak

Neng Eka Santi

🙂