Nasi Goreng merupakan makan favorit orang Indonesia, bahkan bule-bule yang dateng ke indo kebanyakan milih menu nasi gorengan. Opa-opa kore yang dulu dateng konser pas ditanya makanan yang Indonesia yang disukain apa, jawabanya nasi goreng. wuih kereeen bukan?

Makanan simple, tapi memiliki cita rasa yang lezat. Sebenernya namanya nasi goreng aja sih mau gimanapun juga rasa dan penampakanya. Cuma disini aku mau share tentang resep nasi goreng gila.

Kenapa dinamakan nasi goreng gila?

Suka-suka kita sebernya mau namain apa, hhee

Aku nyebutinya nasi goreng gila karena isi dari nasi goreng itu full cabe alias pedes banget. Isinya pun banyaaaak banget, hhe lebay. Alakadarnya sih yang penting semua serba ada, jadi kesanya komplit gitu moms.

Oke kita lanjut ke cara dan bahan-bahan nya ya moms

Bahan Nasi Goreng:

  • 7 centong Nasi putih (ini untuk 2 porsi)
  • 2 butir telur (dikocok dulu ya)
  • 2 siung bawang putih dipotong kasar
  • 1 sendok garam (nanti bisa dicobain kalo dirasa kurang asin, tinggal tambah ya moms)
  • Penyedap rasa (sesuai selera)
  • 3 sendok makan minyak goreng
  • 1/2 gelas air panas

Bahan Bumbu halus:

  • 5 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • 1/4 sdt lada bubuk
  • 15 cabe setan
  • 3 cabe kriting

 

Bahan Pelengkap:

  • Siapkan suiran daging ayam (sesuai selera, kalo aku sih banyakin aja biar lebih enak)
  • Ati Ampela seusai selera (kalau ada)
  • 4 buah baso sapi (potong kecil-kecil)
  • 1 buah sosis (potong kecil-kecil)
  • 1/2 piring kol, (potong kecil-kecil)
  • 1/2 piring sawi, (potong kecil-kecil)
  • kecap manis (sesuai selera)
  • kecap asin (sedikit aja, karena buat pelengkap doang)

Cara Membuat Nasi Goreng Gila:

  1. Bahan-bahan yang di poin bumbu halus di blender semua. Untuk cabe setan dan cabe kriting diblender terpisah ya moms
  2. Panaskan minyak dan masukan 2 siung bawang putih yang dipotong kasar kemudian masukan bumbu halusnya, cabe dimasukan kalau bumbu halusnya udah kecium wangi
  3. Masukan telur (dimasak pake api besar) aduk terus sampe merata
  4. Masukan suiran daging ayam, ati ampela, baso, dan sosis
  5. Terus masukan garam dan penyedap rasanya, aduk sampai merata (garam dimauskan duluan suapaya bisa tercampur rata sebelum nasinya masuk)
  6. Masukan nasinya, tambahkan kecap manis dan kecap asin.
  7. Terakhir masukan 1/2 gelas air panas, aduk-aduk sampai airnya kering

Selesai deh masaknya, gimana gampang kan?

Tinggal kita sajikan di piring . Biar keliatan lebih menarik, moms bisa menambahkan taburan bawang goreng, potongan timun dan tomat.

Demikian cara membuat nasi goreng gila. Oiya buat yang gak suka pedas, cabe setanya bisa dikurangin ya.

NB : Untuk membuat nasi goreng sebaikanya menggunakan beras yang sedikit pera tetapi pulen. kalau mau tahu cara memasak nasi pulen, moms bisa baca di postingan aku : Ini Rahasia memasak nasi pulen meski dengan rice cooker 

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

 

Semangat Memasak

Neng Eka Santi

🙂