Selamat pagi moms, udah hari jumat lagi aja ni moms. Gak kerasa waktu cepet banget berputarnya, perasaan baru kemarin senin eh udah mau weekend lagi. Kalau dulu masih jadi orang kantoran mah ini sangat membahagiakan sekali. hhe

Oke moms di hari jumat ini kita akan coba bahas tentang resep ayam serundeng nih moms. Siapa yang suka menu yang satu ini?, aku salah satunya pastinya. Denger kata serundeng itu deuh udah kebayang banget rasanya yang gurih dan kriuk-kriuknya yang enak.

Dimakan sama nasi panas dan pulen sama serundenganya aja udah enak banget. Oiya moms kalau mau tahu cara pembuatan nasi pulen nya moms bisa liat di Ini Rahasia Memasak Nasi Pulen Meski Dengan Rice Cooker

Berbicara tentang ayam, memang banyak banget menu makanan yang bisa kita oleh dari ayam ini. Selain karena cara dapetinya mudah daging ayam juga tekstur dagingnya lebih cepat matang sehingga cara pengolahanya relatif lebih cepat dibanding dengan daging daging yang lainya.

Lanjut ke tema kita hari ini yaitu ayam serundeng, ternyata ayam serundeng ini maerupakan makanan khas dari kota Tasikmalaya lho moms. Penyajianya ditaburi dengan serundeng alias kelapa parut yang digoreng kering. Kalau begitu ayaok kita simak apa-apa aja yang perlu kita siapkan untuk membuat menu yang satu ini.

Bahan-bahan Utama :

  •  1 ekor ayam dipotong jadi 12 potong (sesuai selera)
  • 1 kg kelapa parut
  • 3 lembar daun salam
  • 2 batang serai
  • 2 ruas jari lengkuas (diparut)
  • Air secukupnya

Bumbu Halus :

  • 3 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1/2 sdm ketumbar
  • 3 butir kemiri
  • 2 ruas jari kunyit
  • 2 ruas jari jahe
  • garam, gula dan penyedap rasa secukupnya

 Cara pembuatanya:

  1. Ayam dicuci bersih siapkan bumbu halusnya (bisa diulek atau diblender)
  2. Panaskan minyak dan masukan bumbu halusnya, tumis sampai wangi. Kemudia masukan lengkuas parut, daun salam dan serai juga daging ayamnya, tambahkan air secukupnya lalu tutup rapat. (Disini moms bisa cicipi rasanya, tambahkan bumbu seperti garam gula dan penyedap rasa)
  3. Sambil menunggu ayam ungkep tadi matang, siapkan wajan terpisah untuk menyangrai kelapa serut. Masukan kelapa aduk terus tanpa menggunakan minyak ya moms. Angkat kalau sekiranya udah kering, sangrainya dengan api kecil saja.
  4. Kalau ayamnya udah mateng diangkat dan tiriskan, kemudian masukan kelapa yang tadi disangrai kedalam air sisa ungkep ayam dan aduk sampai merata.
  5. Panaskan minyak dan masukan kelapa yang sudah dibumbui dengan air ungkepan ayam. Aduk  aduk dan angkat setelah warnanya kuning kecoklatan
  6. Terakhir goreng ayamnya sampai kuning kecoklatan juga menggunakan minyak sisa gorengan serundeng tadi ya moms.

Tahap Penyajian:

  • Tata ayam goreng di piring
  • Taburi dengan serundeng (untuk serundengnya bisa moms masukan ke toples dan pakai sesuai kebutuhan, jadi bisa awet juga)
  • Moms bisa tambahkan hiasan lainya seperti itisan jeruk nipis dan irisan cabai keriting
  • Ayam serundeng siap disajikan

Gimana moms sangat mudah bukan membuatnya, dijamin keluarga dirumah pasti suka dengan sajian ini.

Oiya moms tadi aku infokan untuk serundeng bisa moms tempatkan ditoples kenapa?. Jadi serundengnya itu tidak perlu moms hasibkan dengan ayamnya, kalau memang hasilnya banyak bisa moms simpan.

Siapa tahu nanti moms mau bikin gepuk atau mungkin bebek serundeng atau buat menu masakan yang lainya. Jadi bisa moms manfaatkan juga, asal cara penyimpananya tertutup ya supaya serundenganya bisa tetap crispy rasanya.

Oke itu resep dan cara memasak ayam serundeng. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Oiya kalau moms mau tahu olahan dari daging ayam yang lainya mom bisa liat di bahasan kita sebelumnya Resep Ayam Rica rica Daun Kemangi

Terimakasih,

 

Semangat Memasak

Neng Eka Santi

🙂