Ayam penyet merupakan makanan pedas yang bikin ngiler. Serunya ayam penyet itu kalo dimakan pedes. Makanan yang menjadi primadona ini ternyata gak susah juga kok bikinnya. Kamu bisa membuat sendiri di rumah dan makan bersama keluarga tercinta.

Hmmm.. Jangan dibayangin ya.. nanti ngiler. Hehe

Penyet sendiri itu mengandung arti gepeng. Jadi si ayamnya yang udah digoreng nanti kamu tumbuk bareng cabe-cabe setan yang zuper pedasss.. Wow sadis banget ya. Kasian ayamnya. Hiks hiks..

Oke moms. Siap-siap ya kita mulai siapin bahan-bahannya.

Bahan-Bahan:

  1. Ayam segar (boleh ayam kampung atau ayam kota sesuai selera) potong menjadi 4-6 bagian. Tapi menurut aku lebih enak ayam negeri karena kalo ayam kampung dagingnya alot. Kasian kakek.
  2. 2 lembar daun salam
  3. 1 tangkai serai
  4. Minyak goreng secukupnya
  5. Air secukupnya

Bumbu Halus untuk ungkep ayam:

  • 4 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 1 cm kunyit
  • 2 cm jahe
  • 3 cm lengkuas
  • Garam secukupnya

Bumbu Sambal Penyet

  • 10 buah cabai setan
  • 5 buah cabe merah
  • 3 siung bawang putih
  • Terasi sesuai selera
  • Garam dan penyedap rasa secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Minyak panas

Kalo semua bahan sudah siap kita tinggal memasaknya. Gimana moms sudah siap beraksi?

Cara Memasak Ayam:

Uleg bumbu halus tadi pake ulekan jangan pake centong. hehehe biar cita rasanya dapet.

Panaskan air dalam panci secukupnya. Masukan bumbu yang tadi sudah dihaluskan dan ayam yang sudah dibersihkan.

Masak dengan api sedang. Sesekali ayamnya diaduk agar bumbu meresap. Jangan lupa pancinya ditutup agar ayam cepet matang.

Masak sampe daging empuk. Kamu juga bisa nambahin airnya kalo dirasa kurang. pokoknya sampe daging ayamnya empuk.

Sudah?

Kalo udah matikan kompornya dan biarkan ayam dingin.

Selanjutnya.. kita goreng moms

Siapkan penggorengan.

Isi dengan minyak goreng. Jangan minyak tanah apalagi minyak urut. Yaeyalah. huff

Minyaknya agak banyak ya. biar daging ayamnya terendam di minyak.

Nyalakan kompor api sedang saja.

Setelah minyak panas, masukin deh.

Apanya dimasukin?

Ayamnya moms bukan tangannya. hehehe

Sudah?

Goreng sampe kecoklatan ya..

Sambil ngegoreng, kamu bisa juga nyiapin sambel penyetnya.

Gimana cara bikin sambel penyetnya?

Cara Membuat Sambal Ayam Penyet:

  1. Haluskan semua bahan sambal penyet
  2. Jika sudah halus, masukan penyedap rasa dan gula pasir secukupnya
  3. Siram pakai minyak panas dari penggorengan
  4. Masukan ayam yang sudah matang digoreng.
  5. Peyet-penyet dah pake ulekan.
  6. Hidangkan.
  7. Kamu juga bisa menambahkan aksesoris lain seperti potongan timun dan kol.

Bagaimana moms?

Gampang banget kan cara bikinnya.

Selamat prakteknya. Kalo ada yang mau ditanyakan silahkan di kolom komentar atau bisa melalui fb saya.

Demikian cara membuat ayam penyet yang enak dan cepat.

Semoga bermanfaat

 

Neng Eka Santi