Hai moms, gimana kabaranya hari ini? Semoga sehat selalu yak moms.

Mengingat cuaca sekarang yang lagi ekstrim atau gak bisa ditebak. Kadang pagi panas, siangnya ujan sorenya panas lagi. Berubah-ubah cuacanya macam hati yang galau, hhee

Di cuaca yang esktrim begini, kita harus bisa jaga stasmina tubuh kita agar tetap sehat. Usahakan imun tubuh kita selalu baik supaya gak cepet sakit. Nah salah satu cara untuk menjaga agar tubuh kita selalu fit yaitu dengan menjaga pola makan. Pastikan buat ngurangin jajan-jajan sembarangan, lebih diperhatikan kebersihan makanan dan tempat berjualanya.

Kalo pas cuaca panas pasti yang terbayang sama kita minum sesuatu yang bisa ngilangin haus, apalagi kalo bukan minuman dingin. Selain dingin tapi ada buah-buahan segarnya juga di dalemnya, uummm dijaman ngiler.

Ngomong-ngomong apa sih yang seger dan ada buah-buahanya?. Di Indonesia minuman segar dan ada buahnya banyak sebenernya ya moms, cuma sekarang aku mau kasih tau cara dan resep dari minuman Es Teler ni moms.

Namanya terkesan lucu sih ya Es teler, di Indonesia sendiri banyak yang berjualan es ini. Mulai dari pedagang kaki lima sampai di tempat-tempat makan mewah, kadang es teler ini jadi menu andalan mereka. Salah satunya “Es Teler 77” terkenal dengan es telernya, walaupun menjual menu makanan yang lain juga tapi es teler jadi menu utamanya.

Nah moms biar kita bisa bikin sendiri dirumah, yuk kita cari tahu apa-apa aja bahan yang perlu kita siapkan dan bagaimana cara membuatnya. Baca sampai tuntas ya moms 🙂

Bahan-Bahan yang Disiapkan :

  • 1 buah kelapa muda serut dagingnya (untuk 4 porsi)
  • 1 buah alpukat
  • Buah nangka, potong kecil-kecil (makin banyak makin enak)
  • Buah melon, potong kecil-kecil (sedikit aja cuma untuk tambahan, kalo gak ada juga gpp)
  • Gula Jawa secukupnya
  • 1 liter santan cair
  • 2 btg daun pandan
  • Es serut, (kalo ga ada es serut es biasa bisa diancurkan pakai pisau atau palu)
  • Susu putih cair

Cara Membuat Es Teler:

  • Panaskan air dan gula jawa, aduk sampai mengental lalu angkat dan dinginkan
  • Panaskan air dan santan lalu campurkan daun pandan, setelah mateng angkat dan dinginkan

Cara Penyajian Es Teler :

  • Siapkan gelas saji besar atau mangkuk kecil
  • Masukan buah-buahanya, pertama moms bisa masukan serutan kelapa, alpukat, potongan nangka, potongan melon dan serutan es.
  • Setelah itu bisa tambahkan gula jawa dan air santan yang tadi dibuat
  • Tahap terkahir kasih susu cair putih diatasnya. Es teler siap dinikmati
Gimana moms, gampangkan buatnya. Bahan-bahan yang dipakai pun bisa kita dapatkan dengan mudah.

 

Nah moms kalau udah tahu cara buatnya, kita bisa mempraktekanya di rumah ya moms. Dengan membuatnya sendiri, kita bisa memastikan kesehatan dan kebersihan dari bahan-bahanya. Sehingga keluarga kita tetap terlindungi dari penyakit.

Oiya selain dinikmati dicuaca ekstris seperti sekarang ini, es teler juga bisa jadi sajian lezat untuk bulan puasa nanti.

Demikian cara dan resep membuat es teler, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

 

Semangat Mencoba

Neng Eka Santi

🙂