Resep ayam rica rica dan daun kemangi.

Oke moms kali ini kita akan bahas tentang resep ayam rica-rica dan daun kemangi. kalo aslinya sih gak pake daun kemangi, ini  mah suka-suka aja biar ada bau-bau seger kemanginya. Karena sebenarnya gak ada aturan khusus dan memasak itu, terserah kita enaknya gimana. 🙂

Untuk daging ayam sendiri memang termasuk salah satu makanan yang bisa dibikin banyak variasi. Selain cara ngedapatinya gampang, daging ayam juga proses pembuatanya gak menghabiskan waktu lama. Karena teksturnya lebih cepet mateng dibanding daging hewan yang lainya.

Oke moms kembali ke tema resep kita tentang ayam rica-rica. Kalau denger tentang ayam rica-rica yang kebyang itu bumbu merah pedas khas Manado. Sebenernya ini bumbu dasar untuk semua jenis makanan yang mau dioleh jadi makanan pedas moms.  Misalnya bebek rica-rica, ikan balado, telor balado dan makanan pedas lainya.

Oke moms udah pada penasaran kan gimana cara buat makanan pedes ini, berikut bahan-bahan yang perlu disiapkan dan bagaimana langkah-langkah pembuatanya :

Bahan-bahan ayam rica-rica daun kemangi :

  • 1 ekor ayam, potong 8-12 potong
  • Daun kemangi, sesuai selera (aku sih banyak moms supaya lebih sedap)
  • 2 buah jeruk nipis
  • Potongan Jahe, geprek
  • Garam secukupnya

Bahan untuk bumbu ayam rica-rica :

  • 4 siung bawang merah, haluskan
  • 6 siung bawang putih, haluskan
  • Kunyit, (-+5 cm)
  • Jahe, (-+5 cm)
  • lengkoas, (-+5 cm)
  • cengkeh, sedikit saja
  • 7 buah cabe merah kriting, haluskan
  • 10 buah cabe rawit merah, haluskan
  • 1/2 sdt ketumbar bubuk
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 2 lembar daun salam
  • 2 batang serai, geprek
  • Garam, secukupnya
  • Gula putih, secukupnya
  • penyedap rasa, secukupnya

Bahan Pelengkap :

  • 1 buah tomat, potong dadu
  • 5 lembar daun jeruk

Cara membuat Ayam rica-rica:

  1. Ayam yang sudah dipotong dicuci bersih, kemudian kasih perasan jeruk nipis, potongan jahe dan garam (aduk sampai merata dan diamkan selama10-15 menit)
  2. Siapkan untuk bumbunya, tumbuk atau blender semua bahan yang di poin bumbu kecuali daun salam dan serai
  3. Panaskan minyak dan masukan bumbu halusnya, aduk sampai wangi kemudian masukan daun salam, serai
  4. Setelah matang masukan ayam yang tadi sudah disiapkan, aduk sampai merata dengan bumbu dan tambahan air
  5. Selama ayam belum matang tutup terus wajanya supaya ayam cepat empuk dan bumbunya meresap
  6. Setelah ayam matang tambahkan potonga tomat, 5 lembar daun jeruk dan daun kemangi. Aduk kembali dan
  7. Ayam rica-rica siap dihidangkan

Oke moms berikut untuk resep ayam rica-rica daun kemangi, memang bumbunya sedikit banyak ya moms. Makanan ini memang terkenal dengan kaya akan bumbu dan rempah-rempahnya oleh karena nya rasanyapun sedap mantap tiada tara, hhe

Makan dengan bumbunya aja rasanya enak yak moms. 🙂

Semoga bermnfaat dan selamat mencoba.
Semangat memasak
Neng Eka Santi
🙂